Jumat, 06 Januari 2012

pengertian kata secara etimologi


Tugas mata kuliah semantik
Prof. Kosadi Hidayat
Mahpudin
4 A PBSI UNIKU

Pengertian Kata Secara Etimologi
1.       Psiklolinguistik secara etimologis kata psikolinguistik berasal dari dua kata, yakni psikologi dan linguistik yang sebenarnya merupakan dua disiplin ilmu yang berbeda dan berdiri sendiri, psikologi yaitu ilmu yang mempelajari perilaku manusia dengan cara mengkaji stimulus , hakikat,respon,dan hakikat proses-proses pikiran sebelum stimulus itu terjadi. linguistic yaitu ilmu yang mempelajari hakikat bahasa,struktur bahasa,bagaimana bahasa itu diperoleh.bagaimana bahasa itu bekerja,dan bagaimana bahasa itu berkembang. (catatan kedelapan,januari 2008. Dr.leo indra Ardiana, Drs. Syamsu sodiq. M.pd. psikolinguistik.)
2.       Filsafat terdiri atas dua kata yaitu philern yang berarti cinta dan saphia yang berarti
kebijaksanaan. Filsafat artinya hasrat atau keinginan yang sungguh akan kebenaran sejati.
( cetakan kesepuluh, 2007, Prof. Dr. Ir. Soetrono, Mp. Dan Dr. Ir. SRDm Rita Hanafie.MP. filsafat ilmu & metodologi penelitian).
3.       Puisi berasal dari bahasa yunani poesis yang artinya penciptaan.
4.       Pendidikan berasal dari bahasa yunani yaitu pedagogi yaitu kata paid artinya anak, sedangkan agogos yang artinya membimbing sehinga pedagogi dapat diartikan sebagai ilmu dan seni mengajar anak. (http ://www.anneahira.com / artikel pendidikan/pengertian-pendidikan)
5.       Etimologi berasal dari bahasa yunani etimus arti kata. logos arti ilmu.(http ://id.mikipedia.org/wiki/etimologi)
6.       Statistik berasal dari kata status ( bahasa latin ) yang mempunyai perencanaan arti dengan kata stati (bahasa inggris) atau kata staat (belanda),dan yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi Negara.(http ://matematika.nice-forum.net/ti-pengertian-statistik
7.       Linguistik berasal dari bahasa latin lingua yang bermakna bahasa, dalam bahasa prancis berpedoman dengan kata lingua dan dalam bahasa spanyol berpedoman dengan kata lengua. (cetakan kesepuluh. 1994. Dr.Mansoer Pateda.linguistik (sebuah pengantar)).
8.       Sejarah berasal dari kata benda Yunani istoria yang berarti ilmu. (asep jejen jaelani, S.Pd. 2011. Sejarah sastra Indonesia)
9.       Sastra berasal dari bahasa sansekerta, dibentuk dari akar kata sas dan tra. Sas mempunyai arti mengarahkan, mengajar, memberi petunjuk; sedangkan tra mempunyai arti alat atau sarana. (asep jejen jaelani, S.Pd. 2011. Sejarah sastra Indonesia)
10.   Psikologi berasal dari kata psyche yang berarti jiwa atu nafas hidup, dan logos atau ilmu. (pupu saeful rahmat, M.Pd. 2006. Psikologi pendidikan)
11.   Drama berasal dari bahasa Yunani draomai yang berarti berbuat, berlaku, atau suatu perbuatan. (aan sugianto mas. 2006. Kajian prosa fiksi dan drama.)
12.   Teater berasal dari bahasa Yunani theaomai yang berarti dengan takjub memandang kata tersebut berkembang menjadi theatron dengan arti tempat pertunujukan.  (aan sugianto mas. 2006. Kajian prosa fiksi dan drama.)
13.   Aboigenesis (GK. A =tidak; bios = hidup; genesis = kelahiran) suatu istilah tentang asal-usul kehidupan di bumi yang menyatakan bahwa sesuatu yang menghasilkan zat hidup berasal dari bahan yang tidak hidup, atau sebagai generasi spontan, suatu teori yang dimunculkan setelah abad ke-19 yang menyatakan bahwa mikroorganisme/organism yang lebih tinggi dari materi yang tidak hidup (ensiklopedi sains dan kehidupan).
14.   Sel berasal dari kata latin cella yang berarti ruangan kecil. (Robert hook. 1665).
15.   Anatomi berasal dari bahasa yunani yang terdiri ana yang artinya memisahkan atau mengurai dan tomos yang artinya memotong-motong. Anatomi berarti mengurai dan memotong.
16.   Ciliata berasal dari bahasa latin cilium yang artinya kelopak mata, dan bahasa yunani pherein yang artinya bergerak sambil mengangkat dan melayang. (buku penuntun biologi SMA jilid 1 untuk kelas x D.A. Pratiwi. Sri Maryati Srikini. Suharno. Bambang S.).
17.   Bryophyta berasal dari bahasa yunani bryon yang berarti tumbuhan lumut. (buku penuntun biologi SMA jilid 1 untuk kelas x D.A. Pratiwi. Sri Maryati Srikini. Suharno. Bambang S.).
18.   Ekologi berasal dari bahasa yunani yaitu oikos yang artinya rumah atau tempat hidup, dan logos yang berarti ilmu. (zoologiwan jerman, 1834-1914). (buku penuntun biologi SMA jilid 1 untuk kelas x D.A. Pratiwi. Sri Maryati Srikini. Suharno. Bambang S.).
19.   Chordata berasal dari bahasa yunani yaitu chorde yang berarti dawai/ senar atau tali. (buku penuntun biologi SMA jilid 1 untuk kelas x D.A. Pratiwi. Sri Maryati Srikini. Suharno. Bambang S.).
20.   Andradogi berasal dari bahasa yunani yaitu Andros berarti orang dewasa, dan agogus brarti memimpin. (candy,P.C. 1991. Self-direction for lifelong learning: A comprehensive guide to theory and practice. San fransisco: jalmar press.).
21.   Reliabilitas berasal dari bahasa inggris reliableyang berarti dapat dipercaya. (departemen pendidikan dan kebudayaan republic Indonesia. 1999. Kurikulum nasional program DIII keperawatan Indonesia. Jakarta.)









Penamaan Benda
Benda/barang
Nama benda/barang
Penjelasan


Lemari pakaian
Memiliki tempat penyimpanan pakaian, memiliki pintu, memiliki kaca, pegangan pintu, memiliki laci dan terbuat dari kayu.
Teko
Memiliki tutup, memiliki gagang, terbuat dari alumunium, digunakan untuk penyimpanan air minum,dan  ada tempat keluarnya air.
Kompas
Memiliki arah jarum jam, mamiliki angka, memiliki arah mata angin, bentuknya bulat dan digunakan untuk menentukan arah mata angin.
Payung
Memiliki pegangan/gagang, terdapat  kain di bagian atas, terdapat besi, dan digunakan untuk melindungi diri dari hujan serta panas.
Pigura
Bentuknya mana suka, terbuat dari kayu atau plastik dll., terdapat kaca bening, dan digunakan untuk pemasangan foto, piagam dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar